Cara Mudah mentes Elemen Magic Jar Atau Rice Cooker
Cara Mudah mentes Elemen Magic Jar Atau Rice Cooker - Bagi Anda yang kebetulan punya Rice Cooker atau Magic Jar rusak, entah rusaknya berupa mati total ataupun rusak dengan ditandai oleh tidak bagusnya kondisi nasi, ada baiknya bila anda cek sendiri terlebih dahulu kerusakannya dengan cara yang cukup sederhana sebelum dibawa ke tukang reparasi, syukur syukur bisa di perbaiki sendiri.

Kerusakan yang sering di alami oleh Rice Cooker maupun Magic Jar, kerap kali berupa matinya elemen pemanasnya. Karena elemen pemanas ada beberapa macam, maka cara yang kita gunakan juga ada beberapa macam. Kali ini kita akan membahas dua macam pengecekan yaitu pengecekan di lakukan dalam kondisi rice cooker atau magic jar belum di bongkar, ini bertujuan untuk deteksi awal jenis kerusakan. dan langkah berikutnya untuk lebih meyakinkan kita apakah elemennya benar rusak atau tidak.

Mengecek kondisi Elemen Pemanas bagian atas
Caranya adalah dengan menempelkan tangan kita pada tutup Rice Cooker maupun Magic Jar sebelah dalam, tapi sebelumnya lepas dulu piringan yang menempel pada tutup Rice Cooker maupun Magic Jar tersebut.


Cara Mudah mentes Elemen Magic Jar Atau Rice Cooker
lepas piringan tutup 

Cara Mudah mentes Elemen Magic Jar Atau Rice Cooker
tempelkan tangan pada cover tutup atas

Apabila dalam waktu beberapa saat, ternyata tutup tersebut menjadi hangat, ini menandakan bahwa kondisi elemen bagian atas dalam kondisi bagus. Demikian juga sebaliknya, bila ternyata tetap dingin ini berarti ada kerusakan pada elemen bagian atas.

Mengecek kondisi Elemen Pemanas bagian samping
Sebagaimana cara diatas, maka untuk mengecek kondisi elemen pemanas bagian samping adalah dengan cara menempelkan tangan kita pada dinding Rice Cooker maupun Magic Jar bagian dalam. ini dilakukan setelah kita cek elemen pemanas atas dengan asumsi bahwa bila dindingnya menjadi hangat ini berarti elemen dalam kondisi bagus dan bila tetap dingin berarti ada kerusakan yang perlu ditemukan.

Cara Mudah mentes Elemen Magic Jar Atau Rice Cooker
tempelkan tangan pada dinding bagian dalam

catatan : pengecekan dilakukan setelah Rice Cooker atau Magic Jar dalam keadaan dingin

pengecekan setelah kita bongkar lemennya untuk lebih meyakinkan kita apakah elemennya benar rusak atau tidak. Langkahnya adalah sebagai berikut ;

  • 1.Siapkan Elemen yang akan di tes
  • 2.Siapkan kabel AC/Power
  • 3.Sambung kabel AC/Power tadi pada kabel elemen yang akan di tes
  • 4.Colokkan kabel yang sudah di sambung tadi ke stop kontak
  • 5.Pegang elemen tersebut,bila suhunya naik dan elemen tambah panas itu artinya elemen dalam kondisi bagus
Itulah Tips Cara Mudah mentes Elemen Magic Jar Atau Rice Cooker, semoga bermanfaat Baik buat Para teknisi ataupun bagi orang yang berani memongkar sendiri.
 
Sumber : http://pintarbengkel.blogspot.com/2012/02/jenis-kerusakan-rice-cooker.html
Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

0 comments:

 
Top