Fungsi dan Perbedaan Thermofuse, Thermostat dan Thermal protector - Walaupun secara garis besar fungsi dari ketiga komponen ini sama yaitu sebagai pemutus arus, namun ternyata ada beberapa perbedaan mencolok dari ketiganya. Perbedaannya terletak pada bentuk komponen dan alat listrik yang menggunakannya.

Thermofuse
Nama lain atau terjemah bebas dari alat ini adalah Sekring Suhu, alat ini kebanyakan digunakan pada kipas angin, rice cooker dan beberapa jenis setrika. Ketika suhu dari alat listrik sudah melebihi batas makimal dari suhu thermofuse, maka thermofuse akan langsung memutus arus listrik. Thermofuse termasuk jenis komponen sekali pakai, kalau sudah rusak harus diganti. Besaran suhu maksimal yang bisa di tahan alat ini bisa dilihat pada bodi komponen ini.


ThermofuseThermofuse
 Thermofuse Kipas Angin

Thermostat
Penggunaan alat ini lebih komplek dari pada Thermofuse dan Thermal protector. Alat ini secara umum dipakai pada peralatan panas dan dingin. Sebagai contoh untuk peralatan panas adalah rice cooker, magic jar dan dispenser. Sedangkan untuk peralatan dingin adalah kulkas, freezer dan dispenser. Untuk Thermostat Lemari Es dan Setrika bisa dikategorikan sebagai Adjustable Thermostat atau Thermostat yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

Cara kerja dari komponen Thermostat  ini adalah ketika suhunya sudah mencapai suhu maksimal yang bisa ditahan, maka secara otomatis alat ini akan memutus aliran listrik yang menuju ke beban. Kemudian ketika suhunya menurun alat ini akan kembali mengalirkan arus listrik ke beban, proses ini berjalan terus menerus dan berulang ulang.

Yang agak berkebalikan dengan umumnya Thermostat adalah Defros Bimetal atau Defrost Thermostat. Komponen ini dipakai pada lemari es 2 pintu. Sebagaimana yang telah dibahas, secara umum Thermostat bekerja dengan memutus arus listrik pada beban, namun untuk Defrost Thermostat, alat ini bekerja dengan mengalirkan arus listrik ke beban ketika sudah mencapai suhu maksimal yang bisa ditahan (suhu dingin)

Thermostat
 Thermostat Magic Jar
Thermostat
 Thermostat Ricecooker, Magic Jar dan Pemanas Dispenser

Thermostat
 Thermostat Lemari Es

Thermostat
Thermostat Setrika

Thermostat
 Defrost Thermostat

Themal Protector

Komponen ini sering dipakai pada peralatan induksi semisal pompa air dan juga sebagai pengaman alat listrik  arus besar yang menggunakan panel listrik. Komponen ini kadang di sebut pula sebagai overload Protector

Themal ProtectorThemal Protector
 Thermal Proector Pompa Air
Nah itulah Fungsi dan Perbedaan Thermofuse, Thermostat dan Thermal protector , semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengatuan Bagia para Kita semua.

Sumber : http://pintarbengkel.blogspot.com/2012/02/perbedaan-antara-thermofuse-thermostat.html

Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

0 comments:

 
Top