Cara Memperbaiki Lensa Kit CANON 18-55 - Saya bukan tukang service kamera juga bukan seorang Fotografer, ini saya lakukan karena lensa kit kamera Canon 1000D saya Auto Focus nya tidak berfungsi lagi, saya tanya ke Datascript ternyata biaya servisnya sekitar 350.000,- (wah lumayan besar untuk yang ekonominya se Level saya :P ), karena menurut logika saya mungkin hanya kabel flexible AF nya saja yang putus ato sobek.
 

Mungkin ini not recomended dan tidak bertanggung jawab atas efeksampingnya dan belum teruji akan bertahan berapa lama... tapi saya berhasil dan lensa berfungsi dengan baik....
Talk Less Do More ..Cekedot ..
Peralatan :
  • Obeng kecil yang panjangnya kira-kira dapat menjangkau kedalaman 7 cm (direkomendasikan yang bermagnet agar baut-bautnya nempel)
  • Gunting dan Cutter
  • Solder dengan mata solder kecil dan lancip
  • Timah solder
  • Kawat email seukuran rambut (untuk jumper)
  • Kaca pembesar
  • Tisu pembersih lensa (untuk membersihkan jamur yang nempel di lens/ sekalian bongkar :P )
Langkah-langkah :
 
1.       Buka 4 baut di belakang lens
 
Cara Memperbaiki Lensa Kit CANON 18-55

 2.       Buka 2 baut kecil yang merekatkan konektor tembaga dengan penutup belakang
 
Cara Memperbaiki Lensa Kit CANON 18-55

3.    Buka pelan-pelan karena ada flexibel penutup belakang yang tersambung dengan rangkaian didalam.
 

4.       Ada sekitar 5 buah flexibel yang terhubung menggunakan soket, copot semua dengan hati-hati.
 

5.       Copot board atau rangkaian yang berupa lingkaran

6.       Buka 2 baut yang merekatkan motor+gear penggerak lens, ingat 2 baut yang di samping bukan yang di tengah karena apabila yang di tengah dibuka maka gear akan berantakan.

Cara Memperbaiki Lensa Kit CANON 18-55
7.       Copot blok penggerak tersebut maka akan terlihat ada flexibel yang sobek atau putus sama sekali. Itulah biang penyakitnya yang akan kita perbaiki.

8.       buka dengan perlahan stiker bertuliskan CANON depan lens karena dibalik stiker terbsebut ada 3 buah baut tapi perhatikan posisi bautna karena itu sangat berpengaruh terhadap fokus kamera apabila tidak diposisi yang tepat. Untuk mensiasatinya saya memberi tanda menggunakan spidol supaya posisinya tidak berubah pada saat pemasangannya kembali.

Cara Memperbaiki Lensa Kit CANON 18-55
9.      Copot lensa depan maka akan terlihat satu buah baut di pinggir bagian dalam yang menempel pada lempengan besi putih sebagai  pembatas putaran lensa depan, buka bautnya dan cabut besinya.
 
10.   Kemudian kembali lagi ke belakang lensa, ada konektor berbentuk seperti sisir yang menghubungkan flexible AF ke lensa depan, konektor tersebut di rekatkan dengan 2 buah baut buka dan copot dengan hati2, kemudian buka dudukan lensa bagian depan maka akan terpisah menjadi dua bagian yaitu duduka lensa depan dan belakang.
 
Cara Memperbaiki Lensa Kit CANON 18-55 Auto Focus nya rusak
11.   Copot flexible yang menempel pada dudukan lensa menggunakan pinset karena flexibel hanya direkatkan menggunakan semacam double tape, hati-hati jangan samapi sobek.

12.   Setelah dilepas kedua bagian flexible yang terputus tersebut maka tahap selanjutnya adalah menjumpernya menggunakan kawat email.
13.   Iniah tahap yang sangat menjengkelkan karena harus membutuhkan konsentrasi tinggi untuk menyolder kawat email ke jalur flexible yang besarnya hanya seukuran rambut.
14.   Gunting menyerong kedua bagian flexible tersebut supaya memudahkan dalam proses penyolderan
 
15.   Bersihkan permukaan flexible dengan cutter agar jalur tembaganya terbuka dan dapat disolder dengan baik
16.   Solder kawat email ke 6 jalur flexible dengan baik dan pastikan merekat dengan baik dan kuat
17.   Periksa kembali menggunakan kaca pembesar untuk memastikan tidak ada korsleting antar jalur akibat penyolderan yang kurang rapi.
 
 
18.   Setelah beres penyambungan flexibel pasang kembali dengan hati-hati seluruh bagian tadi dengan cara merunut balik tiap langkah saat pembongkaran.
19.   Tadaaaaa...AF lensanya berfungsi kembali.

Cara Memperbaiki Lensa Kit CANON 18-55 Auto Focus nya rusak
Catatan :
  • Pastikan jalur konektor menapak dengan baik dan lurus dengan jalur flexiblenya.
  • Perhatikan lipatan sambungan tadi agar tidak menghalangi dan mengganggu keluar masuk lensa bagian dalam.
  • Sebelum dipasang anda dapat membersihkan seluruh bagian lensa bagian dalam kalau-kalau ada kotoran atau jamur yang menempel.
  • Lakukan dengan sabar dan konsentrasi.
Maaf gambarnya tidak lengkap karena untuk bagian yang kecil dan dalam sulit di abadikan, maklum motonya Cuma pake hape kacangan. :D

Itulah
Cara Memperbaiki Lensa Kit CANON 18-55 ,Semoga bermanfaat
 
Sumber : http://davidsetiadi2.blogspot.com/2012/03/memperbaiki-lensa-canon-18-55.html

Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

0 comments:

 
Top