Memperbaiki Dispenser yang Tidak mau Panas, Dingin atau Bocor
Biasanya dispenser digunakan untuk mengalirkan air dari galon ke gelas. Namun seiring berkembangnya zaman dispenser sudah dilengkapi dengan pemanas  dan pendingin, sehingga air yang keluar dari kran dispenser bisa panas atau dingin. Untuk Para Teknisi berikut ini akan di share mengenai berbagai kerusakan pada dispenser.
Sebetulnya tidaklah begitu sulit bagi kita untuk memperbaiki sesuatu barang asalkan punya kemauan dan keberanian. Dari sekian banyak alat-alat rumah tangga terbuang sia sia di karenakan malas untuk memperbaiki ataupun harganya yang terjangkau mending beli lagi aja.. itu pemikirin orang yg ekonominya menengah keatas.
Dispenser memiliki 4 macam model dalam fiturnya

  1. Pertama hanya menyediakan air biasa,yaitu air dalam galon langsung disalurkan lewat kran,biasanya wadah untuk galon terbuat dari keramik,tujuannya agar air menjadi dingin secara alami.
  2. Kedua,menyediakan air biasa dan air  panas. Ini adalah model umum dispenser. air biasa disalurkan langsung ke kran warna biru,sedangkan air panas masuk ke tabung pemanas dahulu untuk dimasak.
  3. Ketiga,menyediakan air dingin dan air panas. untuk model ini,air dingin dihasilkan dari tabung pendingin yang didinginkan oleh elemen pendingin,yaitu peltier. sedangkan air panas sama seperti model kedua.
  4. Dan model keempat,sama seperti model ketiga,tetapi proses pendinginan menggunakan prinsip kulkas,yaitu menggunakan kompresor.

Gimana cara memperbaiki dispenser yang rusak ??
Kerusakan yang terjadi pada dispenser itu beragam, kita ambil contoh dispenser dengan type hot and cool(panas dan dingin)

Kerusakan pada dispenser yang sering terjadi dan cara memperbaikinya.

1. Dispenser tidak menyala atau mati total
Hal ini ditandai dengan tidak menyalanya lampu LED merah atau hijau saat dinyalakan. Biasanya disebabkan adanya kabel yang putus, saklar rusak atau thermofuse putus jika menggunakannya. Untuk mengeceknya kita bisa menggunakan multimeter pada skala ohm. Jika sudah ditemukan bagian yang rusak tinggal kita ganti saja.

2. Dispenser tidak mau panas
Bisa jadi disebabkan oleh elemen pemanas putus, atau thermostat rusak. Cara mengeceknya sama seperti diatas yaitu dengan menggunakan multimeter skala ohm.


3. Dispenser tidak mau dingin

Beberapa jenis dispenser sekarang ini sudah dilengkapi dengan pendingin. Jika mengalami kerusakan biasanya disebabkan oleh thermostat rusak, namun cek dulu apakah thermostat dalam posisi naik, atau tidak. Selain itu cek juga bagian kompresor apakah maasih bisa bekerja atau tidak. Jika tidak coba periksa Relay dan Overload yang menempel pada kompresor.

4. Dispenser Bocor
Hal ini bisa disebabkan seal pada kedua kran rusak, selang dan tabung stainless didalam dispenser bocor. Untuk itu perlu ditambal atau diganti jika memungkinkan.

Nah itulah cara Memperbaiki Dispenser yang Tidak mau Panas, Dingin atau Bocor. Dari beberapa kerusakan tersebut. Sebenarnya untuk dispenser pemanas sistem kerjanya juga tidak jauh berbeda dengan pemanas air lainnya.Semoga bermanfaat bagi para Teknisi.

 


Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

0 comments:

 
Top